Visi
Terwujudnya PGRI sebagai Organisasi Perjuangan, Profesi dan Ketenagakerjaan yang Mandiri dan Non Partisan.
Makna Visi PGRI
a. Makna dari terwujudnya PGRI sebagai Organisasi Perjuangan :
1) Wahana mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik
2) Wahana untuk membela, mempertahankan, dan melestarikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3) Wahana untuk meningkatkan integritas bangsa dalam menjamin terpeliharanya keutuhan, kesatuan, dan persatuan bangsa.
4) Berperan aktif memperjuangkan tercapainya tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
5) Wadah bagi para guru dalam memperoleh, mempertahankan, meningkatkan, dan membela hak asasinya baik sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan pemangku profesi kependidikan.
6) Wahana untuk memberikan perlindungan dan membela kepentingan guru dan tenaga kependidikan yang berhubungan dengan persoalan-persoalan hukum.
b. Makna dari terwujudnya PGRI sebagai Organisasi Profesi :
1) Wahana memperjuangkan peningkatan kualifikasi dan kompetensi bagi guru.
2) Wahana mempertinggi kesadaran dan sikap guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu profesi dan pelayanan kepada masyarakat.
3) Wahana menegakkan dan melaksanakan kode etik dan ikrar guru Indonesia.
4) Wahana untuk melakukan evaluasi pelaksanaan sertifikasi, lisensi, dan akreditasi bagi pengukuhan kompetensi profesi guru.
5) Wahana pembinaan bagi Himpunan Profesi dan Keahlian Sejenis di bidang pendidikan yang menyatakan diri bergabung atau bermitra dengan PGRI.
6) Wahana untuk mempersatukan semua guru dan tenaga kependidikan di semua jenis, jenjang, dan satuan pendidikan guna mneningkatkan pengabdian dan peran serta dalam pembangunan nasional.
7) Wahana untuk mewujudkan pengabidan secara nyata melalui anak lembaga dan badan khusus.
8) Wahana untuk mengadakan hubungan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan, organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan, dan atau organisasi kemasyarakatan umumnya dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan.
c. Makna dari terwujudnya PGRI sebagai Organisasi Ketenagakerjaan :
1) Wahana untuk memperjuangkan terwujudnya hak-hak guru dan tenaga kependidikan.
2) Wahana untuk memperjuangkan kesejahteraan guru yang berupa: imbal jasa, rasa aman, hubungan pribadi, kondisi kerja dan kepastian karier.
3) Wahana untuk mewujudkan prinsip dan pendekatan ketenagakerjaan dalam upaya meningkatkan harkat dan martabat guru melalui peningkatan kesejahteraan anggota.
4) Wahana untuk memperkuat kedudukan, wibawa dan martabat guru serta kesetiakawanan organisasi.
5) Wahana untuk membela dan melindungi guru sebagai pekerja.
6) Wahana untuk membina dan meningkatkan hubungan kerjasama dengan organisasi ketenagakerjaan baik lokal, regional maupun global..
d. Makna dari terwujudnya PGRI sebagai Organisasi yang Mandiri :
1) Menjalin kerjasama dengan semua pihak atas dasar kemitrasejajaran, saling menghormati dan berdiri di atas semua golongan.
2) Menggali dan mengembangkan potensi baik sumber daya manusia maupun sumber daya keuangan dan sumber daya organisasi lainnya yang tidak tergantung dari pihak manapun.
3) Membangun transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan organisasi dengan menempatkan iuran anggota sebagai sumber utama pembiayaan organisasi.
e. Makna dari terwujudnya PGRI sebagai Organisasi yang Non Partisan :
1) PGRI tidak menjadi bagian dari partai politik manapun dan tidak berafiliasi dengan partai manapun.
2) PGRI memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk menentukan pilihan politiknya secara merdeka.
3) PGRI selalu menjalin hubungan baik dengan seluruh partai dan komponen masyarakat dalam memajukan pendidikan nasional.
Misi
a. Menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
b. Berperan aktif dalam pembangunan nasional di bidang pendidikan dan kebudayaan yang berlandaskan asas demokrasi, keterbukaan, pengakuan terhadap hak asasi manusia, keberpihakan pada rakyat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
c. Mengembangkan dan meningkatkan kompetensi, profesionalisme dan kesejahteraan anggota.
d. Melaksanakan, mengamalkan, mempertahankan dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru Indonesia.
e. Membangun sikap kritis terhadap kebijakan pendidikan yang tidak memihak kepada kepentingan masyarakat.
f. Melaksanakan dan mengelola organisasi berdasarkan tata kelola yang baik (good govermance).
g. Memperjuangkan perlindungan hukum, profesi, dan kesejahteraan anggota PGRI.
h. Mewujudkan PGRI sebagai organisasi profesi yang mempunyai kewenangan akreditasi, sertifikasi, dan lisensi pendidik dan tenaga kependidikan.
i. Memperkuat solidaritas, soliditas, demokratisasi, dan kemandirian organisasi di semua level/tingkatan.
j. Menyamakan persepsi, visi, dan misi para guru/pendidik dan tenaga kependidikan sebagai pilar utama pembangunan pendidikan nasional.
( Sumber PGRI Jabar )
MASA BAKTI 2008-2013
BADAN PENASIHAT DR. H. Iim Wasliman, M.Pd., M.Si. Prof. Dr. H. Abin Syamsuddin Makmun, M.A H. Sahiri Hermawan, SH. MH. Prof. DR. H. Didi Turmudzi DR. H. Miftah Farid Dra. Hj. Mamie Tumbelaka Drs. H. Ate Subrata, SH PENGURUS HARIAN | | |
Ketua | : | Drs.H.K. Edi Parmadi, M.M.Pd. |
Wakil Ketua | : | DR. Hj. Aan Komariah, M.Pd. |
Wakil Ketua | : | Drs. H. Asep Hilman, M.Pd. |
Wakil Ketua | : | H, Nana Noor Sumarna, S.Pd. |
Sekretaris Umum | : | Drs. H. Dede Amar, M.M.Pd. |
Wakil Sekretaris Umum | : | Drs. H. Een Sobandi, M.Pd. |
Wakil Sekretaris Umum | : | Drs. Damin Hermanto, M.M.Pd. |
Bendahara | : | Drs. H. Tata Kusnadi, M.M.Pd. |
Wakil Bendahara | : | Dra. Hj. Indrawati |
| | |
BIRO-BIRO | | |
Organisasi dan Kaderisasi | : | Dede Hidayat, S.Pd. |
Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan | : | Drs. H. Toni Sutisna, M.Pd. |
Informasi dan Komunikasi | : | Dra. Dedeh Suatin |
Penelitian dan Pengembangan | : | Prof. DR. H. Sutarman |
Pendidikan dan Pelatihan | : | Dra. Lela Helawati, M.Pd. |
Hubungan Kerjasama Luar Negeru | : | Tini Sugiartini, M.Pd. |
Pengembangan Karier dan Profesi | : | DR. Marlan Nirsamsu |
Kerohanian | : | Drs. H, Endun Sudarman, M.M.Pd. |
Pemberdayaan Perempuan | : | Poppy S. Nugraha, A.Ma.Pd. |
Pengembangan Kesenian, Kebudayaan dan OR | : | Dra. Hj. Tresnaningsih |
Pengabdian Masyarakat | : | Eman Suherman, S.Pd. |
Advokokasi dan Perlindungan Hukum | : | DR. H. Dadang Rahman M., M.M.Pd. |
( Sumber Website PGRI Jabar )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar